Home » » Al-Qur'an Al-Akbar Terbesar di Dunia

Al-Qur'an Al-Akbar Terbesar di Dunia



 Ya al-qur’an terbesar di dunia .
Saya sangat bangga dengan beradanya alquran terbesar di dunia ini berada di negara saya yaitu Indonesia dan di kota saya Yaitu Palembang dan yang lebih bangganya lagi al-qur’an al-Akbar ini berada  tidak jauh dari rumah saya. Yang berada di daerah Gandus kota Palembang .

            Seiring dengan perkembangan teknologi, AlQur’an memang sudah dapat di cetak ribuan lembar setiap hari. Pembuaan Al-Qur’an  pun bukan hanya dari kalngan umat muslim tapi juga yang non muslim dengan tujuna bisnis. Karenanya  bukan tidak mungkin terjadi pemalsuan Al-Qur’an, apalagi dengan diberlakukan pasar bebas, kita tidak mungkin mengecek secara teliti dengan detail isi Al-Qur’an yang masuk ke Indonesia . Apalagi beberapa tahun lalu diketahui adanya kesalah-kesalahan pada produksi Al-Qur’an impor. Tentunya, diperlukan rujukan guna menjaga otensitas Al-Qur’an.

            Dengan selesainya pembuatanal-Qur’an raksasa di Palembang ini, diharapkan bias menjadi rujukan dari setiap Al-Qur’an yang di cetak atau di terbitkan maupun Al-qur’an impor, sekaligus menjadi symbol islam di Palembang Khususnya, Sumatra selatan bahkan Indonesia umumnya. Untuk itulah dengan pembuatan Al-Qur’an Al-Akbar ini diharapkan setelah masuk MURI dan Guinnes of Record, juga menjadi rujukan bagi setiap pembuatan Al-Qur’an di Indonesia .

            Kini Al-Qur’an Al-Akbar ini untuk sementara disimpan di kompleks Pondok psantren Modern IGM Al-ihsania Palembang. Di sini tersusun rapi sebap 315 keping al-Qur’an raksasa yang di buat dengan kayu ukir tembesu kas Palembang. Bewarna dasar coklat dengan tulisan al-Qur’an timbul bewarna emas. Tiap lembar ada ukiran motif. Kembang di bagian tepi. Warnanya juaga kuning. Demikian memikatnya seni ukir tersebut. Di rangkai dengan besi yang kuat menjulang tinggi dengan ketinggian 15 meter , lebar 8 meter , terdiri dari 5 lantai dengan pencahayaan lampu bewarna warni dengan terang benderang di malam hari. Biasanya, Al-Qur’an di buat di atas kertas , kulit kayu,daun bahkan kulit binatang . akan tetapi, inilah jadinya jika membuat Al-Qur’an dengan syiar dengan seni . hasilnya berupa Al-Akbar, yakni nama al-Qur’an ukir kayu tembesu raksasa pertama di Indonesia . bahkan dunia dengan menonjolkan budaya lokal.

            Disaaat pengerjaan banyak pengunjung Al-Qur’an Al-Akbar dating ke Palembang, seperti Malaysia, Singapura, dan lainya. Namun , untuk mewujudkan hasil karya putra Palembang hingga membuat masyarakat sumsel bangga ini tidaklah mudah. Setidaknya butuh waktu tujuh tahun dan dana yang luar biasa besarnya bahkan bahan baku yang mulai langka..

            Setelah sekian lama Al-Qur’an Al-Akbar tersimpan, tentu ada kehawatiran karya besar ini tidak terawatt secara maksimal. Karena itu direncanakan pemikiran untuk membangun sebuah nuseum Al-Qur’an, agar mahakarya ini menjadi bagian khazanah Nusantara yang dapat di banggakan. Sebab, pada dasarnya museum dapat menjadi sarana belajar tanpa mengambil peran guru. Museum, di mana di dalamnya terdapat Al-Qur’an Al-Akbar akan menjadi bahan bacaan dan wisat rohani masyarakat, sebagai media pembelajaran yang sangat penting.

            Museum unutuk menyimpan mahakarya sebenarnya bukanlah hal yang asing di dunia barat, meski hanya untuk benda-benda yang bersifat kesenangan duni semata.

            Secara konstruksi, museum Al-Qur’an Al-Akbar di bangun menjulang tinggi ke langit, di mana lembar-lembaran al-Qur’an tersusun rapi bertingkat. Akan  di sediakan lift untuk mencapai ketinggian yang di perkirakan sampai 25 meter . selanjutnya, akan di catat pada Guinness World Record sebagai “Al-Qur’an Al-Akbar di Dunia”..


Artikel ini saya Ambil dari sebuah majlah AL-IHSANIA.



0 komentar:

Posting Komentar

Trimakasih atas kunjungannya , Semoga bermanfaat .

Jika anda masih binggung silakan berkomentar , secepatnya admin akan membalas komentar anda .