Sejarah Makanan Khas Empek-mpek Palembang






            Palembang di juluki sebagai kota empek-mpek.Sebutan itu menggambarkan betapa kuatnya empek-mpek mewakili identitas ibukota Sumatra Selatan. Lebih jauh lagi, empek-mpek telah pula menjadi bagian dari khasanah kuliner nasional. La hadir di banyak kota di indonesia dan di terima oleh lidah Indonesia. Empek-mpek menjadi duta bagi segenap wong kito.

            Tak  jelas  kapan kreasi empek-mpek muncul mulai memasuki khasanah kuliner warga Palembang. Ingatan kolektif wong kito biasanya merujuk pada sang perintis: seorang lelaki Tionghoa paruh baya, yang di Palembang di sebut apek, yang menjajakan brang daganganya menyusuri jalanan kota dengan speda. Dagangannya berupa penganan dari tepung singkong ( tapiaoka ) atau sagu, dicampur ikan giling, disiram dengan kuah khusus yang di sebut cuko. Memiliki cerita itu, maka unsur speda, jalan kota, dan ketersediaan tepung tapioka atau sagu di Pasar Palembang, boleh jadi merujuk ke era sekitar awal abad 20.

           



Empek-mpek telah pula menjadi milik semua warga Sunsel.Semua kota di Sumatra memiliki produk empek-mpek primadona yang menjadi kebangaan masing-masing, bahkan itu melebar ke jambi Bengkulu. Berapa pengrajin empek-mpek Pengrajin empek-mpek Palembang juga membuka cabang di beberapa kota besar di jawa. Empek-mpek Pak Raden misalnya.

            Di Palembang sendiri tempat penjualan empek-mpek tersebar hampir di semua sudut kota. Mulai yang di bawa dengan speda seperti aspek dulu, di warung besar, hingga ke restaurant sejuk ber-AC di dalam bangunan mal yang megah. Harganya berpariasi. Beberapa brand terpandang di Palembang adalah Pak Raden,Beringin,Candy, dan Vico. Betapa kuat brand ini bisa di lihat dari di terminal keberangkatan Bandara Udara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang. Dus-dus empek-mpek yang berlaber merk kondangan itu mengalir deras ke ruangan bagasi untuk oleh-oleh. Setiap hari !!!

Sejarah Jembatan AMPERA

   



   Tak pelak lagi ikon terpenting Kota Palembang adalah Jembatan Ampera yang melintasi Sungai Musi. Lokasinya persis di jantung kota. Jembatan Ampera ini menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir, Sekaligus menyambungkan jalur utama di Uluan Ilir. Ia adalah jembatan terpanjang di Indonesi pada eranaya. Ketika air pasang , badan jembatan itu merentang 11,5 meter di atasnya.

    Jembatan Ampera memiliki ciri kas dengan sepasang menara kembarnya yang menjulang 75 meter, nyaris di tengah sungai Masing-masing menara di topang oleh dua tiang besar yang berfungsi sebagai penopang utama badan jembatan yang lebarnya 1.177 meter itu .Kedua menra itu berjarak 71,5 meter . Di msa awalnya, badan jembatan di antara kedua menara itu bisa bergerak naik setinggi 44,5 meter sehingga memberikan celah bagi kapal untuk melintas, baik menghilir atau menghulu.

 
   Sebuah mekanik mengontrol naik-turunya badan jembatan itu. Bandul seberat 500 ton dipasang pada masing-masing menra. Ketika badan jembatan naik , kedua bandul itu bergerak turun.Begitu sebaliknya .Hanya 30 detik untuk naik atau turun. Namun, karena di anggap menhambat arus lalu lintas di atas jembatan , operasi naik turun jembatan itu di akhiri pada tahun 1970,dan kapal-kapal besar secara permanen tak bisa lagi berlayar ke hulu. Bahkan, sejak tahun 1990 kedua bandul itu di lepas dari menara , dan tamat sudah cerita naik turunnya jembatan musi.


    Proyek jembatan panjang ini mulai di bangun bulan Aprol 1962 dengan sebagai besar dananya dari pampasan perang Jepang . sejumlah tenaga ahli Jepang pun terlibat dalam proyek besar itu. Jembatan ini di resmikan Kepala Staff Angkatan Darat Letnan Jendral Achmad Yani pada 30 September 1965, sehari sebelum ia wafat karena menjadi korban kekerasan politik yang kemudian dikenal sebagai gerakan 30 September 1965.
 
    awalnya nama "Bung Karno" disiapkan untuk disematkan ke Jembatan Musi itu. Itu sebagai ungkapan terima kasih warga Palembang kepada sang Proklamator dan sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia itu karena telah medukung mereka memiliki sebuah jembatan yang monumental. Namun, sebelum nama itu di resmikan muncul gonjang-ganjing politik yang berujung pada jatuhnya Bung Karno dari pentas kekuasaan. Namun Ampera, akronim dari "Amanat Penderita Rakyat", kemudian ditasbihkan pada awl masa Pemerintahan Presiden Suharto. Ampera identik dengan nama kabinet pertama orde baru.

    Pamor jembatan Ampera mekin terpuruk ketika Pasar 16 Ilir yang berda di sisi jembatan terus tumbuh tak terkendali bahkan meluas ke kolong jembatan . Tapi, sejak 2004 dilakukan penataan. Para pedagangnya yang menyita kolong jembatan dipindahkan. Hiruk pikuk lalu lintas kendaraan di atas juga di atur. Jembatan Ampera Kembali teratur, bersih dan rapi.

   Jembatan Ampera yang lebarnya 22 meter itu memiliki pedestrian di kiri kanan, masing-masing selebar 3 meter, untuk pejalan kaki. Bersih, dan aman dari lalu lalang kendaraan . Pada malam hari suasananya terang benderang. Dari tengah jembatan, kita bisa memandang panorama di kedu sisi sungai seraya menikmati hembusan angin yang segar . Bila berjalan ke arah sebelah Ulu,lepas dari ujung jembatan terhampar plaza yang lega untuk kita menikmati panorama sekeliling . Plaza itu menyatu dengan pelataran Benteng Kuto Besak, sebuah ikon lainya di palembang.


   Pada malam hari , suasana beranjak romantis . Kerlap-kerlip lampu warna warni menyala mengikuti ceruk lekung tubuh jembatan . Pemandangan eksotik ini bisa di saksikan dari restauran terapung yang beroprasi secara regular









Al-Qur'an Al-Akbar Terbesar di Dunia



 Ya al-qur’an terbesar di dunia .
Saya sangat bangga dengan beradanya alquran terbesar di dunia ini berada di negara saya yaitu Indonesia dan di kota saya Yaitu Palembang dan yang lebih bangganya lagi al-qur’an al-Akbar ini berada  tidak jauh dari rumah saya. Yang berada di daerah Gandus kota Palembang .

            Seiring dengan perkembangan teknologi, AlQur’an memang sudah dapat di cetak ribuan lembar setiap hari. Pembuaan Al-Qur’an  pun bukan hanya dari kalngan umat muslim tapi juga yang non muslim dengan tujuna bisnis. Karenanya  bukan tidak mungkin terjadi pemalsuan Al-Qur’an, apalagi dengan diberlakukan pasar bebas, kita tidak mungkin mengecek secara teliti dengan detail isi Al-Qur’an yang masuk ke Indonesia . Apalagi beberapa tahun lalu diketahui adanya kesalah-kesalahan pada produksi Al-Qur’an impor. Tentunya, diperlukan rujukan guna menjaga otensitas Al-Qur’an.

            Dengan selesainya pembuatanal-Qur’an raksasa di Palembang ini, diharapkan bias menjadi rujukan dari setiap Al-Qur’an yang di cetak atau di terbitkan maupun Al-qur’an impor, sekaligus menjadi symbol islam di Palembang Khususnya, Sumatra selatan bahkan Indonesia umumnya. Untuk itulah dengan pembuatan Al-Qur’an Al-Akbar ini diharapkan setelah masuk MURI dan Guinnes of Record, juga menjadi rujukan bagi setiap pembuatan Al-Qur’an di Indonesia .

            Kini Al-Qur’an Al-Akbar ini untuk sementara disimpan di kompleks Pondok psantren Modern IGM Al-ihsania Palembang. Di sini tersusun rapi sebap 315 keping al-Qur’an raksasa yang di buat dengan kayu ukir tembesu kas Palembang. Bewarna dasar coklat dengan tulisan al-Qur’an timbul bewarna emas. Tiap lembar ada ukiran motif. Kembang di bagian tepi. Warnanya juaga kuning. Demikian memikatnya seni ukir tersebut. Di rangkai dengan besi yang kuat menjulang tinggi dengan ketinggian 15 meter , lebar 8 meter , terdiri dari 5 lantai dengan pencahayaan lampu bewarna warni dengan terang benderang di malam hari. Biasanya, Al-Qur’an di buat di atas kertas , kulit kayu,daun bahkan kulit binatang . akan tetapi, inilah jadinya jika membuat Al-Qur’an dengan syiar dengan seni . hasilnya berupa Al-Akbar, yakni nama al-Qur’an ukir kayu tembesu raksasa pertama di Indonesia . bahkan dunia dengan menonjolkan budaya lokal.

            Disaaat pengerjaan banyak pengunjung Al-Qur’an Al-Akbar dating ke Palembang, seperti Malaysia, Singapura, dan lainya. Namun , untuk mewujudkan hasil karya putra Palembang hingga membuat masyarakat sumsel bangga ini tidaklah mudah. Setidaknya butuh waktu tujuh tahun dan dana yang luar biasa besarnya bahkan bahan baku yang mulai langka..

            Setelah sekian lama Al-Qur’an Al-Akbar tersimpan, tentu ada kehawatiran karya besar ini tidak terawatt secara maksimal. Karena itu direncanakan pemikiran untuk membangun sebuah nuseum Al-Qur’an, agar mahakarya ini menjadi bagian khazanah Nusantara yang dapat di banggakan. Sebab, pada dasarnya museum dapat menjadi sarana belajar tanpa mengambil peran guru. Museum, di mana di dalamnya terdapat Al-Qur’an Al-Akbar akan menjadi bahan bacaan dan wisat rohani masyarakat, sebagai media pembelajaran yang sangat penting.

            Museum unutuk menyimpan mahakarya sebenarnya bukanlah hal yang asing di dunia barat, meski hanya untuk benda-benda yang bersifat kesenangan duni semata.

            Secara konstruksi, museum Al-Qur’an Al-Akbar di bangun menjulang tinggi ke langit, di mana lembar-lembaran al-Qur’an tersusun rapi bertingkat. Akan  di sediakan lift untuk mencapai ketinggian yang di perkirakan sampai 25 meter . selanjutnya, akan di catat pada Guinness World Record sebagai “Al-Qur’an Al-Akbar di Dunia”..


Artikel ini saya Ambil dari sebuah majlah AL-IHSANIA.



Manfaat Teknologi Informasi Komputer di pendidikan


         


   Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK(Teknologi Informasi Komputer ) mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.

Kita dapat menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.

 Contohnya : saya masuk ke Smk N 2 Palembang tepatnaya di jurusan TKJ ( TEKNIK KOMPUTER  JARIGAN ), waktu itu saya kurang Mengerti tentang komputer apalagi internet . Smp saja belajar TIK nya hanya banyak Teori dari pada Praktek. Di Smk n 2 PLG lah saya mulai belajar dan menekuni Komputer . Dengan google atau search engine lainya . Dan hasilnya sekarang saya sudah banyak mengerti tentang Komputer dari kerusakan komputer dan jaringan komputer. Tapi saya belum puas ,Dan saya mencari tau ,dari mana saya bisa menemukan informasi-informasi itu. Setelah saya tanya dengan teman-teman dan guru. Ternyata dari sebuah web atau blog . Karna itu lah saya menekuni membuat blog. Ingin memberikan informasi yang saya bisa ke dunia .


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media. Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:

 “Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah.”

“Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.”

“Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.”

Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.

Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar di madrasah bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di madrasah. Jika kita tidak memulainya sekarang maka madrasah sebagai salah satu institusi pendidikan selain sekolah yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika ini terjadi, usaha kita akan semakin berat untuk mensejajarkan madrasah dengan sekolah lain. Di satu sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran khususnya MIPA dan BahasaInggris, di sisi lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh. Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat iniDepdiknas mempunyai program pengembangan TIK secara besarbesaran.
Ada tiga posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:

1. Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK.

2. Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA.

3. Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet.

Kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran di madrasah. Mulai saat ini pihak madrasah dan Majlis Madrasah harus membuat sebuah program pengembangan TIK secara menyeluruh. Ada beberapa poin untuk membuat suatu perencanaan pengembangan TIK, diantaranya:
1. Mempersatukan visi dan misi pengembangan TIK yang ingin dicapai antara Kepala sekolah, guru dan majlis madrasah.
2. Pembentukan Komite Teknologi (Organisasi Labkom) yang mandiri
3. Mengidentifikasi infrastruktur lembaga, baik hardware, software maupun sistem dan jaringan yang sudah dimiliki
4. Penentuan hardware dan software yang akan digunakan atau dikembangkan.
5. Mengidentifikasi SDM yang dimiliki
6. Menentukan bentuk pelatihan penguasaan TIK baik untuk guru dan staf lainnya.
7. Adanya Time schedule yang jelas untuk pencapaian program
8. Penentuan Investasi yang diperlukan secara berkala tiap tahun
9. Mengidentifikasi perkembangan software dan kurik.

Download Avast 7 Pro full License



Ni gan Avast pro yg sampe sekarng masih saya pakai dan slalu ter update
menurut saya avast pro slain tampilan sangat modern dan sangat membantu komputer saya terhindar dari virus.
ya pada umumnya semua antivirus itu cukup bagus jika terupdate terus menerus .
ya saya sudah buktikan setelah beberapa kali ganti antivirus tapi yang menurut saya masih nyaman adlah Avast.
 



Klebihan Avast pro :
  1. Blok virus, spyware, dan jenis-jenis malware.
  2. Memperingatkan reputasi sebuah file sebelum Anda membukanya.
  3. Streaming update virus database secara real-time. 
  4. Menyediakan belanja online aman dan perbankan.
  5. Memungkinkan Anda menjelajahi web secara virtual (di luar PC) .
  6. Menjalankan program berisiko hampir (di luar PC) .
  7. Mengamankan identitas dan data pribadi lainnya.
  8. Blok serangan hacker.
  9. Menghentikan SPAM mengganggu dan penipuan phishing     

Downloads Avast pro

Mediafire download  
License Avast 7 pro

Download License